[Review] iKON Debut Half Album “Welcome Back”

Akhirnyaaaaaaa iKON debut juga!!!❤

Dulu (saat WIN) gw memang bukan fans OT11, tapi gw ngefans berat sama B.I aka Kim Hanbin!❤ Secara keseluruhan, gw memang lebih memilih Team A (sekarang namanya WINNER) dibanding Team B (sekarang namanya iKON), tapi gw tetep suka banget B.I, tetep ngikutin perjalanannya di dunia musik, nonton Show Me The Money 3 (hanya sampai B.I di eliminasi. LOL), nonton Mix and Match, sampai kemudian gara-gara Mix and Match itulah gw jadi suka juga sama Team B dan akhirnya hafal semua nama member Team B.😀

Sebagai fans WINNER, dulu, saat WINNER sedang debut dan iKON sedang tampil di Mix and Match, terkadang perasaan gw terombang-ambing (LOL. Lebay banget) karena ulah YG. Kesel sama YG? Pernah. Sering malah! Tapi benci B.I karena B.I terkesan seperti “anak emas” nya YG? Nggak mungkinlah! Gw cinta mati sama B.I!😀❤

Aduh, di review ini nggak perlulah gw sebutkan alasan kenapa gw suka banget sama B.I, bisa-bisa daftarnya terlalu panjang, dan jangan-jangan nanti judulnya malah diganti dari yang asalnya “Review iKON Debut Album Welcome Back” jadi “A Very Long Explanation About Why I Love Kim Han Bin aka B.I So Much”! Hahaha.

Oke, so, back to the topic, B.I memang mengantarkan gw pada iKON. Tanpa B.I, gw nggak akan mungkin suka iKON. Dan tanpa B.I, pastinya iKON pun tidak akan pernah ada. Tau dong siapa penulis & composer semua lagu iKON? Yap, the genius Kim Han Bin alias B.I, lihat saja gambar di atas, B.I merupakan penulis lirik utama semua lagu iKON di album ini, dan composer utama di 4 lagu. Perhatikan gambar, biasanya nama penulis utama maupun composer utama ditulis paling awal, diurutkan dari yang berperan lebih banyak dalam pembuatan lagu tersebut. B.I jadi composer utama di semua lagu kecuali lagu Rhythm Ta dan My Type.

Pada awalnya, gw berharap lagu Sinosijak bakal termasuk di dalam album! Gw suka banget lagu itu semenjak Mix and Match.❤ Lagu Long Time No See juga. Yah, semoga saja kedua lagu itu akan dimasukkan ke dalam full album yang akan dirilis nanti, kalau tidak salah sih bulan depan.

Debut Half Album “Welcome Back” ini terdiri dari 6 tracks, dengan 2 title tracks, 1 warm up track, dan 2 music videos. Sepertinya sih YG mengikuti cara promosi album MADE Bigbang, tapi bedanya Bigbang pasti rilis 2 lagu dan music video setiap bulan, sampai kemudian terkumpul 4 album (nanti jadi 5 setelah full albumnya dirilis, sampai saat ini belum dirilis tapinya ya), sedangkan iKON hanya 2 album. Ya, wajar saja karena iKON kan rookie alias pendatang baru. Rasanya terlalu gambling bila cara promosi mereka harus sama persis dengan Bigbang. Bagaimanapun juga, fans iKON masih belum sebanyak fans Bigbang.

Pasti ada yang bertanya-tanya, irikah gw karena dulu WINNER hanya melakukan promo singkat, MV hanya ada 2 (Jadi 3 kalau ditambah MV solo Mino), untuk melihat dance practice dan MV making saja harus mengeluarkan uang (YG tidak meng-upload MV making & dance practice WINNER di Youtube, tapi menjualnya di DVD) ? Ya pastilah. Iri berat! Rasanya nggak adil banget. Tapi, sekali lagi, perlu ditekankan, gw nggak pernah membenci iKON, gw hanya nggak setuju dengan cara YG mempromosikan artis-artisnya. Tapi karena gw diajarkan untuk selalu berpikir positif, maka gw meyakinkan diri sendiri bahwa mungkin itulah cara YG, YG pun masih “coba-coba” dalam mempromosikan artis-artisnya. YG kan nggak punya banyak idol group kayak SM. YG masih coba-coba, cara mana yang bakal berhasil mendatangkan banyak uang baginya.

Yang paling gw tidak suka dari persaingan antara WINNER dengan iKON adalah sikap beberapa fans fanatik mereka, saling menjelek-jelekkan grup lain. Tapi yah gw nggak mau ikut-ikutan. Gw kan suka dua-duanya! Gw memang suka banyak idola korea, tapi nggak menjadi salah satu fans fanatik di satu fandom tertentu. I just enjoy the music! I don’t give a fuck about the fandom’s drama life!

Sepertinya review ini jadi melebar ke mana-mana ya? tapi menurut gw kalimat-kalimat ini perlu diungkapkan. Percaya deh, apa untungnya sih sakit hati sama agensi artis? Toh tanpa agensi artis itu, artis itu juga tidak akan pernah ada kan (pada awalnya)? ya nantinya sih artis itu memang bisa pindah ke manajemen / agensi lain,  tapi agensi yang pertama kali mengorbitkan artis / idola itu ibaratnya seperti seorang ibu yang melahirkan anaknya. Se-benci apapun si anak kepada ibunya, se-jahat apapun ibunya, ibu itu tetaplah ibu yang melahirkannya ke dunia ini, tanpa ibunya, anak itu tidak akan pernah ada. Tanpa agensi entertainment itu, artis itu tidak akan pernah ada.

Apa sih gunanya membenci idola grup lain? Apa sih gunanya menjelek-jelekkan idola lain? Memangnya mereka bakal dengar ocehan kamu? Memangnya kamu yakin kamu akan menjadi bahagia dengan membenci? Bencilah dengan wajar. Dan cintailah dengan wajar pula. Terlalu ketergantungan, dan terlalu mencintai seseorang / sesuatu termasuk terlalu mencintai idola itu tidaklah sehat. Bahkan terlalu mencintai dan terlalu tergantung sama pacar juga nggak sehat lho! Hihihi. Ya apalagi sama idola, toh mereka nggak tau dan nggak kenal siapa kita secara personal kan? :p

Udah ah, yuk sekarang kita bahas satu-satu lagu yang ada di album iKON “Welcome Back”.🙂

 

Track 1Welcome Back

Lagu pembuka di album ini yang catchy banget! Easy listening. Suka banget denger petikan gitarnya yang nge-pop dan beat nya yang bikin kepala gw mengangguk-angguk tanpa sadar.😀

Lagu ini ditulis oleh B.I dan Bobby. Di composed oleh B.I dan Rovin.

 

Track 2 – Rhythm Ta

Title track album ini! Ditulis oleh B.I dan Bobby. Di composed oleh P.K (Future Bounce), B.I, dan Goo Jun Hoe. Yap, si sassy Junhoe! Hihihi. Dia co-composer nya.❤

Pertama kali lihat MV dan dengar lagunya, hmmm…. memang adiknya Bigbang! Hahaha. Heavy hip hop nya kerasa, dan gw paling suka suara Junhoe dan Donghuk di lagu ini. Rap B.I dan Bobby sih jangan ditanya lagi lah! Mereka berdua main character nya di lagu ini, maksudnya suara mereka mendominasi di lagu ini. Jung Chan Woo si maknae cuma kebagian part “na…na…na…na…na…”😀

Di MV nya, iKON kelihatan cool banget saat pakai baju basket, dan so damn sexy saat pakai kimono putih! Hihihi.

B.I pake tindik di bibir bawahnya itu hot banget! Pengen gigit! Hush, apalah ini?! *Tutup Mata* :p

Adegan nyetir mobil itu… udahlah ngingetin sama Bibang banget! Sukaaaaa waktu mereka showing off their basketball skill. Kesannya kayak yang professional gitu.❤

Kalau disuruh membedakan konsep WINNER sama iKON…, maka gw akan jawab salah satu yang membedakan mereka adalah : WINNER memiliki konsep yang classy, elegan, rapi, sosialita. Sedangkan iKON memiliki konsep yang boyish, urakan, dan bad boy. Kalau Bigbang? Bigbang sih sudah mencoba banyak konsep ya. Itulah untungnya jadi anak pertama. LOL.

Ngomongin soal anak, bisa dibilang… Bigbang itu anak pertama, WINNER anak ke-2, iKON anak ke-3 alias bungsu. Maksudnya anak YG dalam kategori grup idola pria. Kalau dilihat dari salah satu teori psikologi kepribadian, anak pertama itu adalah anak yang paling dituntut untuk sukses, karena anak pertama merupakan contoh bagi adik-adiknya. Bigbang sebagai anak pertama? Mereka sudah sangat sukses dong pastinya, dan karena kesuksesan Bigbang ini jugalah… WINNER dan iKON bisa terbawa sukses!

Anak pertama cenderung yang paling penyayang. Bigbang? Kurang penyayang apa coba? Ikut ambil bagian di WIN, jadi mentor, dll. Penyayang? Atau merupakan keharusan sebagai kakak tertua? LOL.

Anak ke-2 cenderung merupakan anak yang paling mandiri, sering terkesan dianaktirikan karena dia punya kakak sekaligus juga punya adik. Di satu sisi anak ke-2 selalu ingin menjadi lebih baik dari kakaknya, melampaui kakaknya, ingin berbeda dari kakaknya, tapi di sisi lain dia pun harus mengalah pada sang adik. WINNER? Tepatnya fans WINNER sering merasa kalau WINNER dianaktirikan? Secara psikologis… wajar. Meski teori tidaklah 100% benar, cobalah kalau tidak percaya, lakukan eksperimen kecil-kecilan, tanyakan ke teman-teman kalian yang merupakan anak ke-2 atau anak tengah.

Karena anak ke-2 mendapat tekanan dari atas (kakak) dan dari bawah (adik), biasanya anak ke-2 cenderung menjadi anak yang paling sukses. Tapi ya semua itu kembali lagi pada pribadi masing-masing, mau menjadikan tekanan sebagai pemicu semangat ataukah penghancur semangat?

Anak ke-3, atau anak bungsu, biasanya adalah anak yang paling disayang. Dalam kasus ini, iKON terkesan seperti paling disayang sama YG? Wajar. Bahkan sepupu gw (yang sudah menikah dan punya anak pun) mengakui bahwa sampai sekarang dia masih menganggap anak bungsunya masih kecil (padahal udah SD), dan perasaan orangtua terhadap anak bungsu itu mau tak mau pastilah berbeda. Selalu cemas / khawatir, selalu memanjakan (meski terkadang nggak memanjakkan secara langsung, tapi di dalam hati selalu ada perasaan khusus buat si anak bungsu), rasakan sendiri nanti saat kalian punya anak! LOL. Bahaya nya… anak bungsu cenderung jadi anak yang inferior, yang merasa ragu dengan kemampuannya sendiri, karena terlalu terbiasa “disediakan” oleh orangtua.

Hahaha, udahlah, ini hanya pengandaian saja. Ya nggak sama persis. Kalian mau ngatain gw ngebelain iKON? Whatever! Silakan saja. Kita semua punya hak untuk berpendapat. Kalian benci gw karena kata-kata gw ini? Silakan. Gw doakan semoga Tuhan memberikan kebahagiaan untuk kalian dan menumbuhkan kasih sayang yang lebih banyak daripada rasa benci di dalam hati kalian bagi sesama manusia.

Oke, balik lagi ke lagu dan MV Rhythm Ta, gw suka banget koreografi nya. Memang ya, diantara semua artis YG, iKON lah yang paling banyak melakukan dance.

Saat melihat performance Rhythm Ta live di inkigayo, rasanya bangga banget sama iKON. Di saat idola lain tampil dance powerful tapi lipsync, iKON tidak. Mereka bisa tuh dance sekaligus nyanyi langsung. Memang sih suara mereka saat live tidak se-perfect saat di video klip, tapi gw menghargai usaha mereka untuk tampil live. Berat lho nyanyi sekaligus dance. Gw lebih suka idola-idola yang nyanyinya live meskipun suara mereka nantinya nggak akan terlalu perfect karena kehabisan napas akibat dance, daripada idola yang lebih mementingkan dance / performance dibandingkan nyanyi / rap. Hmm, kalau lebih memilih dance, kenapa nggak jadi dancer aja ya? Hihihi.

Ayo lihat MV Rhythm Ta!❤

 

Track 3 – My Type

Beberapa orang pasti merasa kecewa ya ketika MV My Type, yang merupakan warm up single, dirilis? Temen gw kecewa tuh, meski pada akhirnya dia mengaku ketagihan juga sama lagu ini! Soalnya lagu ini asyik banget sih!

My Type ini juga hip hop kok. Memangnya hip hop itu hanya seperti Rhythm Ta? Enggaklah! Hihihi.

Ah, pokoknya gw sih langsung jatuh cinta banget sama lagu ini semenjak lagu dan MV ini dirilis. iKON kesannya boyish dan fresh banget di sini! MV nya juga cute dan lovely banget.

Ngakak deh pas Bobby nyobain rok buat Jinhwan! Wkwkwk. Ini merekanya yang kebanyakan baca FF apa gimana sih?! LOL.😀

Gw paling suka rap Bobby di lagu ini.

Ayoooo lihat MV My Type ya!❤

Oh ya, My Type ini ditulis oleh B.I, Bobby, dan Kush. Di composed oleh Choice37, Kush, dan B.I.

 

Track 4 – Today

Lagu yang ditulis oleh B.I dan Bobby, di composed oleh B.I, Ham Seung Cheon, Kang Wook Jin, dan Future Bounce ini ngingetin gw sama masa-masa SMA gw! Hahaha. Cocok nih lagunya buat dinyanyiin, karaokean bareng temen-temen!

 

Track 5 – Airplane

LAGU YANG PALING GW SUKA DI ALBUM INI!❤❤❤

Pssstttt…, katanya sih B.I juga paling suka sama lagu ini. Hihihi. Tapi gw memang udah suka sama lagu ini kok sebelum tahu ternyata lagu ini juga jadi favorinya B.I.

Sampai sekarang, lagu ini selalu ada di playlist gw! Dan entah sudah berapa kali gw menonton MV nya.

Akting B.I oke banget! Semoga someday B.I bisa main drama! Hehehe. Lee Sung Kyung (aktris & model YG) aja sampai bilang akting B.I keren, dia posting di instagramnya tuh foto iKON, kata-kata dukungan untuk iKON dan bilang akting B.I keren.

Saat melihat MV Airplane… rasanya kayak FF menjadi kenyataan. LOL.😀

Cinta segitiga dan persahabatan antara B.I-cewek-Bobby. Ini serius, gw curiga iKON ataupun pegawai YG baca FF.😄

Di lagu ini, gw paling suka suara Jinhwan! Gw juga suka suara falsetto Donghyuk. Hebat nih Donghyuk dapet dukungan dari aktris cantik Lee Yubi di instagramnya.😉

Ayooo ayoooo lihat MV Airplane! Gw berharap semoga Airplane bisa dapet trophy di acara musik. Beneran lagunya cool banget!

 

Track 6 – M.U.P (Make You Proud)

Lagu favorit gw di album ini selain Airplane. Berharap iKON membawakan lagu ini secara live di acara musik mingguan, bukan hanya di konser showcase.😉

Lagu ini ditulis oleh B.I, Bobby, Carlos Battey & Steven Battey aka Jackie Boys. Di composed oleh B.I, The Fliptones, Carlos Battey & Steven Battey aka Jackie Boys.

Nah, kalau di lagu ini….gw paling suka suara Yoyo alias Yunhyeong yang sweet, dan suara Donghyuk yang lembut dan addicted, oh…dan juga rap B.I yang terdengar “nakal”. Hihihi.

 

Sekian review dari gw. Menurut kalian bagaimana album iKON ini? Mana lagu favorit kalian? Siapa bias kalian di iKON?

Gw berharap di full album nanti, iKON bisa menampilkan lebih banyak genre, yaaa walaupun YG pernah bilang kalau genre iKON itu Hiphop, tapi gw pengen doong mendengar mereka membawakan lagu dengan genre lain.

Sorry bila banyak yang merasa tersinggung atas kalimat-kalimat yang gw tulis di sini. Gw nggak bermaksud men-judge ataupun menggurui. Semua ini gw tulis dari sudut pandang gw sebagai fans.

~Azumi~

One thought on “[Review] iKON Debut Half Album “Welcome Back”

  1. Dari WIN gue udah suka sama OT11 makanya gue mah dukung baik WINNER maupun iKON. Gue juga ga ikut-ikutan klo ada yang war. Menurut gue, mereka sama-sama udah kerja keras.
    Bias? WINNER – Seungyoon, iKON – B.I ! Cinta banget sama mereka berdua!

    Seneng sama reviewnya! Today enak lagunya, sekarang lagi jatuh cinta sama Apology, :))

Leave a Reply

