[Review] WINNER Debut Album 2014 S/S

 

TRACK 1 – 공허해(EMPTY)

Seperti judul lagunya, empty, lagu ini memang seolah membawa perasaan hampa / kosong kepada pendengar. Lagu hip hop medium tempo dengan melody dan lirik yang sentimental ini adalah hasil kolaborasi antara B.I & Bobby (Team B) dengan Song Min Ho (WINNER). B.I dan PK (produser YG) meng-compose lagu ini, sementara lirik ditulis oleh B.I, Song Min Ho, dan Bobby.

Sebenarnya beat lagu ini simple, tapi asyik. Tidak terlalu banyak instrument musik yang digunakan, sehingga vokal WINNER terlihat menonjol. Gw setuju dengan apa yang dikatakan SeoulBeats mengenai lagu Empty : “Yang menjual lagu ini adalah vokal”.

Yap. Benar banget. Vokal dan rap nya langsung “nempel” di otak. Baru satu kali mendengar lagu ini, suara Kim Jin Woo yang lembut, dengan suara Nam Tae Hyun yang merdu dan jernih terus terngiang-ngiang. Falseto nya terasa unik.

Rap Song Minho di awal lagu menurut gw adalah poin penting dan merupakan pembuka yang sangat bagus, ditambah lagi dengan pengulangan lirik yang addictive seperti “Da ra dat dat dat dat dat dat”.

Menurut gw, vokal Nam Tae Hyun lah yang paling menonjol di sini. Vokal Kang Seung Yoon lebih menonjol di track ke-2, Color Ring. Begitupula dengan rap Lee Seung Hoon yang lebih menonjol di track ke-2.

 

 

TRACK 2 – 컬러링 (COLOR RING)

Saat mendengar lagu ini, fans (Inner Circle) pasti langsung tahu kalau lagu ini adalah ciptaan Kang Seung Yoon. Yap, ciri khas Kang Seung Yoon terdengar jelas di sini. Iringan gitar akustik di awal lagu, tempo yang semakin meninggi dengan iringan  gitar listrik, drum, dan bass nya juga memang membuat lagu ini terdengar sangat Kang Seung Yoon, sama hal nya seperti dulu saat kita mendengar lagu “Smile Again” dan “Go Up” ciptaan Kang Seung Yoon di WIN. Bedanya, lagu ini terdengar lebih ballad.

Di blog resmi YG, YG berkata bahwa Kang Seung Yoon bukan hanya menciptakan lagu ini, tapi juga menjadi produser utama nya.❤ Lirik dan rap ditulis oleh Kang Seung Yoon, Song Min Ho, dan Lee Seung Hoon.

Dibanding “Empty”, lagu “Color Ring” ini terdengar lebih WINNER Style. Seperti yang pernah dikatakan oleh Kim Jin Woo, Kang Seung Yoon memang mengerti karakter suara member WINNER. Dia membuat lagu yang pas untuk WINNER, membuat suara member WINNER terdengar lebih menonjol sesuai dengan warna suara masing-masing.

Gw yakin, hampir semua orang setuju dengan pendapat gw ini : “perpaduan suara antara Kim Jin Woo dengan Song Min Ho di lagu ini sangat bagus!”

Perpaduan suara sang vokalis utama Kang Seung Yoon dengan Nam Tae Hyun sih tidak usah ditanyakan lagi, sudah pasti bagus! Tapi ini…. Song Min Ho dengan Kim Jin Woo! Tidak pernah menyangka sebelumnya kalau kolaborasi mereka berdua akan membuat gw merinding seperti ini.

(Revisi : ternyata bukan perpaduan suara Kim Jin Woo – Song Min Ho yang oke banget pas di awal itu, tapi Lee Seung Hoon – Song Min Ho. >_<. Baru tahu saat mereka tampil live di SBS Inkigayo. Hahahaha. Di MV sih nggak keliatan siapa yang nyanyi part ini, tapi gw menduga itu Kim Jin Woo karena suaranya mirip. Eh, ternyata Lee Seung Hoon! Keren banget ternyata dia kalau nyanyi, bukan hanya rap).😉

Seperti yang sudah gw bilang di awal, rap Lee Seung Hoon terdengar lebih menonjol di lagu ini, begitupula dengan suara Kang Seung Yoon. Mungkin karena lagu ini adalah lagu rock ballad dengan tempo sedang, sehingga suara Kang Seung Yoon yang nge-rock terdengar lebih oke. Tapi secara keseluruhan, harmonisasi vokal WINNER di lagu ini sangatlah bagus.

Sulit sekali memilih lagu paling favorit di album ini, tapi kalau dipaksa untuk memilih, gw akan pilih lagu “Color Ring” ini sebagai lagu paling favorit gw, karena komposisi instrument dan melody nya yang sangat indah.

 

 

TRACK 3 – 끼부리지마 (DON’T FLIRT)

Setelah mendengar dua track awal yang sentimental dan menyayat hati, kita akan disuguhi dengan genre lain yang membuat kepala ingin bergoyang mengikuti irama lagu, “Don’t Flirt”, yang bernuansa reggae.

“Oh, ternyata WINNER menyanyikan lagu sejenis ini juga” – itu kata salah satu Korean fans yang pada tanggal 8 Agustus lalu terpilih sebagai salah satu dari 500 orang beruntung yang bisa menghadiri Grand Launching Show WINNER di hotel Conrad Seoul, sehingga bisa tahu preview lagu-lagu WINNER sebelum yang lain tahu. Saat itu gw bertanya-tanya, memang seperti apa sih lagunya?

Oh, ternyata seperti ini…..

Unik. Memang tidak menyangka ternyata WINNER cocok juga membawakan lagu jenis reggae. Lagu yang liriknya ditulis oleh Song Min Ho dan Lee Seung Hoon ini membawa rasa yang fresh. Meski dalam lagu ini juga terdapat pengulangan lirik melody “Da ra dat dat dat dat dat dat” seperti di lagu Empty, tapi rasanya berbeda karena komposisi lagu nya pun berbeda.😀

 

 

TRACK 4 – (I’M HIM) – MINHO SOLO

Lagu strong Hip hop yang terasa YG style banget. Nggak heran, karena composer utama nya adalah Choice37, salah satu composer lagu-lagu hits Big Bang. Song Minho berkolaborasi dengan Choice37 dan Teddy (composer / produser lagu-lagu hits Big Bang dan 2NE1) dalam meng-compose  lagu ini, sementara semua lirik nya hanya ditulis oleh Minho.

Selain YG banget, lagu ini juga Minho banget. Saat mendengar lagu ini, gw bisa membayangkan bagaimana wajah Minho yang belagu, swag, tapi konyol. LOL.😀 . Efek dulu pas di WIN epilog DVD lihat Minho nyanyi lagu ciptaan dia yang nge beat, asyik, tapi konyol. Bisa dilihat di sini bagi yang mau lihat :

 

Balik lagi ke lagu solo Minho di album ini, “I’m Him”, beat nya memang  membuat gw ingin menggoyangkan kepala dan badan. Lirik lagunya sedikit mengingatkan gw sama lirik-lirik rap solo GD (G-Dragon Big Bang). Setipe lah sama GD, belagu nya. LOL.😀 (Coba aja kalau kalian penasaran, cari arti lirik nya). Ini beberapa penggalan lirik lagu I’m  Him :

Yeah, I’m tough, yeah I’m the trend. When everyone else is running, I scoff as I jog. If your spot goes missing, I’m the culprit.

Setipe kan sama banyak lirik lagu / rap GD? Hehehe. Nampaknya, kalau seandainya Minho berkolaborasi dengan GD menyanyikan lagu ini pun akan terasa cocok, meski jenis suara mereka bertolak belakang.😀

Sempat beredar kabar kalau YG akan merilis MV dari lagu “I’m Him” ini bersamaan dengan MV “Empty” dan “Color Ring” pada tanggal 12 Agustus silam. Tapi kenyataannya? Enggak tuh. LOL. YG emang suka nge-troll.😀

Ini out of the topic sih, tapi gw masih inget dan pengen ketawa karena inget ini. Saat gw baca komentar-komentar orang lain di youtube WINNER, ada non-fans yang bilang kalau dia lihat Minho, berasa kayak lihat wajah GD tapi suara T.O.P.

Jadi suara T.O.P yang terperangkap dalam tubuh GD? LOL.😀

Menurut gw? Hmmm, mirip sih, tapi tetap saja beda. Coba saja kalian dengarkan rap nya Minho.😉

 

 

TRACK 5 – (LOVE IS A LIE)

Lagu “Love is a Lie” ini terasa seperti lagu-lagu pop dance American/British. Mungkin karena composer utama nya adalah perpaduan antara Song Min Ho dengan Kang Seung Yoon yang memiliki taste musik berbeda, tapi kalau digabung ternyata keren juga.😀

Semua lirik “Love is a Lie” ditulis oleh Song Min Ho. Hmmm, coba lihat, Minho ternyata berpartisipasi dalam semua lagu di album ini kecuali di lagu solo Nam Tae Hyun.

Berbeda dengan beat lagu nya yang terdengar ceria, ternyata lirik lagu ini cukup menyedihkan, sesuai dengan judulnya : Love is a lie.

Satu lagi lagu di album ini yang membuat gw ingin menggoyangkan kepala.😉 Kayaknya enak deh nyanyi lagu ini sambil jingkrak-jingkrak dan goyang-goyang kepala, karena komposisi musik nya yang asyik, terlepas dari lirik lagunya yang kasihan banget. LOL.😀

 

 

TRACK 6 – 고백하는 거야 (CONFESSION) – TAEHYUN SOLO

Fans Nam Tae Hyun pasti merasa sangat senang karena lagu ini masuk ke dalam album. Di WINNER TV, lagu ini ikut dinilai oleh YG saat evaluasi lagu, bahkan diperlihatkan cuplikan rekamannya.

Saat menonton WINNER TV itu, gw merasa biasa saja dengan lagu ini, tapi sekarang setelah mendengar lagunya secara full, ternyata lagu ini memang SUPER KEREN! Apalagi iringan orchestra nya di saat lagu ini akan berakhir. >_<. *merinding* :p

Komposisi musik lagu ini simple, tapi suara Nam Tae Hyun yang mengalun merdu, dengan iringan piano, biola, dan cello membuat “nuansa romantis” nya dapet banget!

Karena lagu ini ciptaan Nam Tae Hyun, maka tak heran kalau lagu ini memang sangat cocok dibawakan oleh Nam Tae Hyun. Semua lirik ditulis oleh Nam Tae Hyun. Komposer utama adalah Nam Tae Hyun, dibantu oleh Airplay dan Sung Hwak Cho (produser YG).

Ayooo siapa yang mau “ditembak” pake lagu ini? LOL.😀

 

 

TRACK 7 – 사랑하지마 (BUT)

Lagu ke-2 di album ini dimana Nam Tae Hyun menjadi composer utama. Lirik ditulis oleh Nam Tae Hyun, Song Min Ho, dan Lee Seung Hoon.

Lagu yang posesif, tapi sweet. Salah satu cuplikan lirik nya seperti ini :

Don’t love if it’s not me
It doesn’t suit you, though it’s selfish of me
Don’t go far away, I’m not there
Your love is me, though it’s selfish of me

Don’t forget, remember that I’m here.

 

Rasanya bosen ya saat gw bilang : “Harmonisasi vokal WINNER sangat bagus?” Wkwkwkwk.😀

Tapi memang kenyataannya demikian kok. Lagu ini menjadi salah satu buktinya (lagi).

Semua member memerankan “peran” masing-masing dalam grup secara baik, sehingga menimbulkan harmonisasi vokal yang bagus.

Dari segi komposisi musik, sekali lagi gw merasa salut akan kemampuan Nam Tae Hyun dalam membuat musik. Mungkin karena Nam Tae Hyun adalah penggemar musik-musik Daft Punk dan Pharell, sehingga musik-musik ciptaannya terdengar classy.

Lagu ini merupakan salah satu lagu yang ingin gw lihat live performance nya.😉

 

 

TRACK 8 –  DIFFERENT

Banyak sekali orang yang meminta YG untuk menjadikan lagu ini sebagai title track dan membuat MV-nya!

Kenapa? Karena lagu ini SANGAT WINNER dan cocok sekali dengan WINNER! Tidak heran, composer nya adalah Song Min Ho dan Kang Seung Yoon. Lirik ditulis oleh Kang Seung Yoon, Song Min Ho, dan Lee Seung Hoon.

Lagu ini juga menjadi bukti bila Kang Seung Yoon dan Song Min Ho berkolaborasi dalam membuat track, maka hasil nya sangatlah keren!. >_<.

Petikan gitar yang menjadi pembuka lagu dipadukan dengan suara lembut Nam Tae Hyun, lalu beat yang mulai meninggi seiring dengan rap Song Min Ho, dan suara husky powerfull Kang Seung Yoon menjadi point penting dalam lagu ini. Suara Kim Jin Woo dengan rap Lee Seung Hoon  juga menyempurnakan lagu ini.

Satu lagi point penting nya : komposisi musik yang oke, membuat lagu ini tidak terasa membosankan meski didengarkan berulang kali.

Salah satu public figure Korea Selatan bahkan memposting screen capture saat dia mendengarkan lagu ini, di akun instagram nya, dan menyebut lagu ini sebagai style nya.

Gw sangat berharap WINNER akan mempromosikan lagu ini juga disamping lagu Empty dan Color Ring di acara musik mingguan (Inkigayo / music bank / music core / m-countdown).❤

Ini salah satu cuplikan lirik nya :

I’m just different
I’m different from the type of guy you want
I’m just different
I can’t be a nice guy
You might be hurt because of me
I’m just different
But please don’t leave me
even if I’m a bad guy.

 

TRACK 9 – (TONIGHT)

“Tonight” adalah lagu yang mendapat komentar positif dari Yang Hyun Suk (CEO YG) saat evaluasi lagu di WINNER TV. Lagu ke-3 di album ini dimana Nam Tae Hyun menjadi composer utama. Lirik ditulis oleh Nam Tae Hyun, rap oleh Song Min Ho.

Saat evaluasi lagu di WINNER TV, Tae Hyun menyanyikan lagu ini secara solo, tapi dia berkata pada YG bahwa dia ingin menjadikan lagu ini sebagai lagu group (lagu untuk WINNER). Oh, ternyata permintaannya dikabulkan dan ternyata memang cocok untuk WINNER.

Nuansa jazz nya terasa fresh. Gw suka banget, terutama saat terdengar suara saxophone. Gw nggak begitu suka lirik nya. Tapi vokal dan komposisi musik “Tonight” ini memang oke banget. YG saja sampai mengangguk-anggukkan kepala mengikuti irama saat mendengar lagu ini (tanda kalau dia suka sama suatu musik).😀

Kenapa gw nggak begitu suka liriknya? Karena si cowok merindukan cewek nya yang dulu, ketika saat ini ia sedang bersama ceweknya yang sekarang (yang baru). Jadi seolah cewek baru ini hanya pengganti. LOL.😀

 

Cuplikan lirik nya :

(I don’t like this feeling) The girl asleep next to me is looking like you

Hey, I didn’t know a night without you could be so lonely
I hold her in my arms as I long for you

 

Nggak salah sih kangen sama mantan, tapi nggak kayak gini juga kaan. Maafkan komentarkuuuu ini, Nam Tae Hyun. T_T.   Pengalaman? Hahaha.😀

Tapi terlepas dari itu, lagu ini oke banget kok.❤

Btw, gw suka banget penekanan dan rhyme rap Lee Seung Hoon di lagu ini.😉

 

TRACK 10 – SMILE AGAIN

Kayaknya lagu ini memang menjadi lagu WAJIB yang mesti ada di album debut WINNER. Kenapa? Karena saat WIN dulu, lagu inilah yang membawa Team A pada kemenangan pertama mereka (berdasarkan penilaian juri dan juga penonton).

Tapi ada yang berubah dari lagu ini. Aransemen nya. Bila dulu (versi original, saat WIN) lagu ini lebih bernuansa electronic rock, maka sekarang lebih terasa nuansa dubstep dan dance nya. Jujur, gw lebih suka versi original nya. Bukan hanya karena gw pecinta musik rock, tapi rasanya berbeda saja. Beat nya terasa berbeda. Bagi yang belum tahu dan ingin tahu, coba silakan lihat performance “Smile Again” saat mereka tampil di WIN, lalu bandingkan dengan yang ada di album ini. :

 

Bagaimana? Bagi orang yang netral, kedua lagu ini mungkin memang sama-sama bagus, tapi hampir semua fans setuju bahwa versi original nya jauh lebih bagus, apakah karena di sana banyak “kenangan” nya? Oke, ini biased banget. Bukan hanya karena “kenangan”, tapi di saat gw survey (nanya ke temen yang bukan fans WINNER, minta pendapat dia, menurut dia lebih bagus mana lagu Smile Again versi original dengan versi di album ini? Dia bilang….versi original. Feel nya terasa lebih unik.🙂

Gw nggak inget jelas apa komentar JYP saat menjadi juri WIN waktu itu, tapi kalau nggak salah sih bahkan JYP pun memuji lagu Smile Again.❤

Tapi over all, lagu Smile Again dengan versi aransemen baru ini juga tetap asyik untuk didengarkan.

Composer utama lagu ini adalah Kang Seung Yoon. Tapi dulu, saat versi original, hanya Kang Seung Yoon yang meng-compose lagu ini, dan lirik ditulis oleh Kang Seung Yoon-Song Min Ho-dan Lee Seung Hoon, tapi sekarang….composer nya jadi bertambah, bukan hanya Kang Seung Yoon, tapi Song Min Ho dan Dee.P (produser YG) juga. Mungkin karena itulah lagu ini sekarang jadi terasa berbeda.

Tapi yang pasti, lagu ini memang bisa membuat pendengar kembali tersenyum. ^_^.

 

 

~~~~❤❤❤❤❤ ~~~

 

Sepertinya WINNER memang ahli dalam membuat dan menyanyikan lagu yang bisa “menyentuh” hati pendengar. Lagu-lagu mereka juga bagus karena pada dasarnya kualitas vokal mereka memang oke, sehingga tanpa perlu instrument yang berlebihan pun lagu-lagu mereka terdengar sangat baik.

WINNER tidak perlu “menyembunyikan” suara mereka dibalik iringan musik yang lebih mendominasi dibanding suara penyanyi nya sendiri, hanya untuk membuat keseluruhan lagu terdengar baik. *If you understand what I mean* Sekarang ini banyak idol yang “menyembunyikan” suara mereka dibalik bagusnya instrument musik, dan lebih mementingkan performance dibanding kualitas vokal.

Memang tidak semua idol seperti itu, tapi kebanyakan iya. Hanya sedikit idol (yang gw tahu) yang baik dalam hal vokal maupun musik, dan WINNER termasuk ke dalam salah satu idol tersebut.

Kesimpulannya, this album is really worth it!❤

Coba dengarkan semua track nya, dan kalian akan tahu. ^_^.

Oh ya, catatan penting : review ini gw tulis dari sudut pandang gw sebagai fans. Jadi, kalau kalian mencari review yang netral, di sini bukan tempatnya.

Tujuan gw menulis review ini apa? Tentu saja untuk mengenalkan WINNER pada readers blog gw yang belum kenal siapa itu WINNER. Syukur-syukur kalau reader gw jadi ikutan suka. Hehehe.❤

Kalian bisa mendengarkan secara streaming semua lagu yang ada di album WINNER 2014 S/S ini, di sini (tinggal klik play) :

 

Suka? Ayooo beli di i-tunes. http://smarturl.it/WINNER_2014SS

Murah kok. Satu lagu cuma Rp 7000, kalau langsung beli 1 album jadinya lebih murah lagi, cuma Rp 55.000

Tapi kalau ingin bonus yang oke, maka belilah album fisik nya. Hohoho.😉

For information, ada 3 jenis album :

  1. Limited edition versi black
  2. Limited edition versi white
  3. Launching edition (versi normal / reguler)

 

Limited edition version tentu saja jauh lebih oke dibanding launching edition. Photobook nya jauh lebih tebal dan lebih besar (se-ukuran kertas A4), bonus juga lebih banyak. Tidak heran bila secara global, fans WINNER membeli lebih banyak limited version dibanding launching version, meskipun harganya jauh lebih mahal (lebih dari 2X lipatnya harga launching version). LOL.😀

Ingin tahu seperti apa? Ayoo lihat saja unboxing album nya di video-video ini. Lengkap! Lembar per lembar photobook-nya diperlihatkan di sini, sehingga kalian bisa memutuskan akan membeli versi mana. Yah, syukur-syukur kalau beli semua versi.😉 Tapi gw sih beli satu versi aja, yang limited edition versi black. Hehehe. Masih banyak hal penting lainnya yang harus dibeli, text book buat kuliah misalnya. Maafkan dirikuuuuuuu WINNER. >_<.

 

Unboxing Winner Debut Album 2014 S/S Limited Edition Black Version and White Version :

 

Unboxing Winner Debut Album 2014 S/S Launching Edition (Regular Edition) :

 

 

Bagaimana? Ngiler? Hehehe. Ayooo dukung WINNER dengan membeli album original mereka baik secara digital ataupun physical.

Ack! Setelah lihat video-video ini jadi pengen cepet-cepet megang album nya di tangan secara langsung! >_<. Albuuuumm cepatlah dataaaang. >_<. LOL.😀

 

It’s really nice if you can share what you think about this album with me. Thanks for reading. ^_^. I know you’ve read this blog post, although you didn’t leave any comment or like it. LOL.😀

 

Catatan akhir : cuplikan lirik-lirik lagu yang gw sertakan di sini adalah hasil translate Pop!Gasa. Credit to : Pop!Gasa. Silakan cek translation lyric nya secara full di blog Pop!Gasa di sini : Klik di sini!

 

Azumi Aozora

 

 

12 thoughts on “[Review] WINNER Debut Album 2014 S/S

  1. Uwoo setuju banget albumnya emang the best lah..! Emang album ini tuh winner banget.. seinget aku katanya jinwoo bikin lagu juga cuman ilang jadi ga dimasukin ke album wkwk ada ada aja si jinwoo aduh xD suka banget sama review kakak(?) ^^

  2. haha, meskipun JInwoo tukang nyasar, tapi tetep imut.^^ penjahat usia yang selanjutnya nih si Kim Jinwoo.

    aku suka banget sama BabyNamTae, dari awal liat Who is Next udah kepincut sama ni Maknae.

    Boleh aku reblog ga???

    • Hahaha….iya imut2…dasar fake maknae! Oldest maknae kim jin woo! LOL😀

      Klo aku sih dari dulu suka Kang Seung Yoon, liat Win + Winner TV jg karena ada dia nya. Tp skrg jd suka semua. ♥😉

      Reblog boleh…🙂

  3. Reviewnya keren! Emang lagu lagunya Winner oke banget banget deh. kagum banget liat kemampuan mereka…. Bahkan dari stage di music show aja mereka keliatan kaya group lagi comeback ketimbang baru debut kkkkk.
    By the way, I’m Kang Seung Yoon biased hehehe ( sebenernya suka semua sama member Winner tapi udah kepincut sama Seung Yoon semenjak MV Stealer )

  4. aku juga suka suka suka….. suara seung yoon
    aku suga lagu but sm love is a lie.
    di lagu but suara reff nya seungyooon dan gitarnya terasaa banget biarpun gitarnya cuman sedikit diawal,

    dan biarpun yang buat lagu itu tae hyun.. tapi semua anggota dapet jatah soul-ny.
    *nunggu kalau2 ada Mv But

    kalau love is a lie, bener emang asik buat goyang2.
    *suka seunghoon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s